Strategi Pemasaran Yang Efektif

Setiap jenis fashion memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda, seperti menjual kebaya wanita Indonesia, pasti ada strategi yang berbeda dalam menjual kaos atau kemeja. Strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan penjualan Kamu setiap hari dan juga menggunakan anggaran kamu secara efisien sehingga Kamu dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Untuk ini kamu bisa bekerja sama dengan digital marketing agency. Meskipun setiap kategori fashion yang berbeda memiliki strategi yang berbeda, ada beberapa konsep dasar untuk merancang strategi pemasaran yang sama saat menjual produk fashion.

Tanpa basa-basi lagi, ini adalah strategi yang dapat diterapkan pada hampir semua produk dalam kategori fashion.

1. Membuat website

Website sangat penting untuk menjual apapun. Dengan adanya website, toko Kamu akan semakin dipercaya di mata pelanggan. Ditambah lagi Kamu juga bisa memposting foto produk Kamu di website tersebut.

Sehingga orang bisa melihat produk Kamu 2 jam sehari, dari mana saja. Berbeda dengan toko fisik yang memiliki jam buka dan tutup, hanya bisa dikunjungi oleh orang-orang terdekat saja. Kamu bisa menggunakan jasa desain web untuk hasil yang maksimal.

2. Mempersiapkan Produk

Foto Produk Fashion identik dengan penampilan dan fotografi. Oleh karena itu, pastikan tampilan produk yang ingin Kamu hadirkan kepada pelanggan bagus dan menarik. Kamu bisa menyiapkan 2 macam foto, yang pertama adalah foto pajangan dimana foto tersebut sedikit dimodifikasi untuk kebutuhan tampilan dan foto asli atau foto asli yaitu foto tanpa modifikasi sedikit pun karena banyak calon pembeli yang menginginkan foto ‘ produk asli.

3. Penggunaan jejaring sosial

Di masa lalu, jejaring sosial digunakan untuk berinteraksi, berbicara, dll. dengan kerabat jauh atau teman. Saat ini, jejaring sosial dapat digunakan sebagai platform penjualan. Oleh karena itu, Kamu dapat menggunakan media sosial untuk kebutuhan penjualan Kamu. Di dalamnya Kamu juga bisa menyisipkan foto produk yang sudah Kamu siapkan seperti poin kedua di atas.

4. Menggunakan template yang tepat Penjual produk fashion

Dapat menggunakan template untuk menampilkan produknya, dan dapat digunakan di hampir semua kategori produk, seperti pakaian, tas, dan aksesoris lainnya. Namun, Kamu perlu menemukan model yang tepat untuk produk Kamu.

Model yang tepat adalah model yang ketika menggunakan produk terlihat sangat cocok dan elegan. Kamu juga bisa membuat alternatif gaya yang bisa digunakan untuk produk tertentu yang akan dikenakan oleh model yang Kamu sewa.

5. Ciptakan Unique Sales Poin

Unique Sales Point dalam menjual produk fashion sangat penting, karena ada banyak produk yang mungkin mirip atau mirip dengan produk Kamu. Oleh karena itu, Kamu harus memiliki keunikan atau ciri khas dalam penjualan Kamu.

Kamu tidak harus selalu memberikan nilai unik pada produk, ada kalanya Kamu memberikan nilai unik ini pada kemasan, layanan, logo, merek, dll. Kamu bisa menerapkan 5 strategi ini di hampir semua produk fashion.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjual produk tertentu, pastikan Kamu memiliki visi dan rencana untuk 5 poin di atas. Kamu juga dapat menyewa desainer Kamu sendiri seperti tas desainer, pakaian desainer, dll. Jadi Kamu bisa membuat produk sendiri.

Saat ini banyak orang yang membeli supply produk fashion menggunakan jasa kirim barang dari China yang nantinya mereka jual kembali di dalam negeri. Hal seperti ini dapat menjadi salah satu alternatif kamu dalam membangun bisnis fashion.