Cara Defisit Kalori yang Benar

Ketika mengetahui bahwa berat badan Anda sudah di atas normal, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan defisit kalori. Defisit kalori tidak boleh dilakukan sembarangan, maka dari itu Anda harus benar-benar tahu cara defisit kalori yang benar.

Melakukan defisit kalori adalah cara untuk menurunkan berat badan yang paling aman dan sehat jika dilakukan secara tetap. Ini karena dengan mengurangi 500 kalori per hari, menjadi aturan praktis dan sehat untuk diet defisit kalori.

Cara Defisit Kalori Yang Baik Dan Benar

Bagi yang ingin melakukan defisit kalori berikut ini beberapa hal yang bisa dicoba dengan cara aman dan sehat.

Pahami Kebutuhan Kalori

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kalori dalam tubuh yang berbeda-beda. Kalori adalah unit energi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ketika Anda mengkonsumsi kalori lebih sedikit, maka itu sudah menjadi contoh defisit kalori.

Ada tiga jenis pembakaran kalori yang bisa dilakukan setiap hari yaitu ketika istirahat, efek termis ketika mengkonsumsi makanan dan pembakaran energi dari aktivitas yang dilakukan.

Gunakan Kalkulator Kalori

Defisit kalori juga bisa dilakukan dengan mengurangi 500 kalori per hari, ini sudah cukup efektif menurunkan berat badan. Jika diet dengan defisit, maka secara signifikan bisa mempengaruhi rasa lapar dan tingkat energi.

Maka dari itu, Anda harus paham jumlah kalori yang tepat agar tubuh tetap mengeluarkan energi dengan lancar caranya dengan menggunakan kalkulator kalori. Kalkulator ini bisa memperkirakan pemilihan kalori berdasarkan berat badan, jenis kelamin, usia dan tinggi badan serta aktivitas fisik.

Mengontrol Pemeliharaan Kalori

Selain menggunakan kalkulator kalori, Anda juga bisa memantau pemeliharaan kalori. Caranya dengan melacak asupan kalori dan berat badan selama 10 hari dengan menggunakan aplikasi pelacak kalori.

Jika tidak ada aplikasi maka Anda bisa menggunakan timbangan untuk melihat hasil yang akurat. Sebab besar kemungkinan berat badan mengalami fluktuasi dari hari ke hari. Jika berat badan tetap stabil selama 10 hari, maka sebaiknya rata-rata asupan kalori bisa jadi representasi  baik.

Olahraga dan Pola Makan

Ketiga hal itu harus diimbangi dengan melakukan olahraga dan mengatur pola makan yang sehat. Karena jika hanya olahraga saja tanpa memantau kalori makanan juga tidak cocok. Bisa memilih latihan penguatan otot untuk efek kesehatan jangka panjang saat defisit kalori.

Itu tadi cara deposit kalori yang benar dan tepat, agar Anda merasa enjoy dalam melakukan diet dan bisa menikmati proses diet hingga sukses. Anda juga bisa mengunjungi platform Sirka untuk diet dengan panduan yang sehat dan praktis serta tidak menyiksa.

Sirka bisa jadi partner hidup sehat yang menemani dan memastikan Anda bisa mencapai tujuan diet lebih sukses. Di Sirka Anda akan bertemu dengan para nutrition hebat dan berpengalaman pastinya.