Sebagian besar orang sangat menyukai kegiatan bercocok tanam. Namun, bagi warga yang tinggal di kota-kota besar, kegiatan ini sedikit sulit dilakukan karena keterbatasan lahan. Namun, tidak adanya halaman di rumah bukanlah suatu halangan untuk berkebun.

Kamu bisa menanam secara hidroponik atau menanam dalam pot. Artikel kali ini akan membahas tentang tanaman pot. Tanaman pot tidak hanya tanaman hias saja, melainkan juga bisa tanamanan yang berbuah. Istilahnya tabulampot.

Dengan memiliki tanaman buah dalam pot, kamu bisa dengan mudah memanen buah segar di kebun mini rumah atau bahkan di dalam rumah. Tidak perlu lagi pergi ke supermarket atau pasar buah untuk menyetok aneka buah untuk dikonsumsi.

Sayangnya, tidak semua buah cocok untuk dijadikan tanaman pot. Berikut ini adalah beberapa tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot dengan mudah. Simak baik-baik, ya!

Apel

Pohon apel yang kerdil bisa kamu tanam dalam pot. Gunakan pot sebesar mungkin dan letakkan di area yang terkena sinar matahari, namun terlindung seperti di balkon rumah atau teras kecil. Ukuran pot setidaknya memiliki lebar 45 – 50 cm.

Kamu bisa memilih varietas yang bisa melakukan penyerbukan sendiri atau pohon hasil cangkok beberapa jenis pohon apel. Jadi, kamu hanya memerlukan satu pohon untuk diletakkan di ruang yang terbatas.

Jambu Biji

Selanjutnya, ada jambu biji yang termasuk tanaman buah tropis dan bisa ditanam di dalam pot. Kamu bisa menempatkannya di area yang hangat dan terkena matahari langsung.

Pohon jambu biji juga mempunyai bunga yang beraroma manis, sehingga bisa menjadi pengharum ruangan alami.

Lemon

Lemon maupun tanaman jeruk-jerukan lainnya bisa ditanam di pot, sebab merupakan semak besar atau pohon kecil. Sebaiknya, kamu menggunakan pot tanah liat yang berpori dan bisa mengeluarkan air dari setiap sisinya. Hal ini penting karena tanaman lemot tidak suka terendam air.

Pastikan pula pohon lemon di rumahmu terkena sinar matahari langsung dan terlindungi dari angin kencang. Kamu bisa mencangkok pohon lemon untuk memperoleh lebih dari satu varietas citrus dari satu pohon.

Markisa

Pohon markisa ini termasuk tanaman menahun, sehingga kamu hanya perlu menanamnya sekali. Kamu butuh pot yang sangat besar karena tamanan ini bisa tumbuh dengan cepat.

Taruh pot tersebut di tempat yang terkena sinar matahari, namun terlindungi. Untuk menahan buahnya yang bera, siapkan juga teralis.

Murbei

Jika kamu ingin menanam murbei di dalam pot, maka belilah pohon murbei kerdil dan pindahkan ke wadah yang besar.

Sebaiknya, tempatkan pot pohon murbei di halaman kecil depan rumah atau di mana saja asalkan bukan di dalam rumah. Pasalnya, buah murbei yang matang bisa saja berjatuhan dan akan menodai lantai rumahmu.

Semangka

Menanam semangka bisa kamu lakukan dengan mudah. Asalkan memperoleh dukungan yang baik dan sering disiram. Sebab, pohon semangka memang sangat banyak membutuhkan air. Kamu bisa menempaatkan pot pohon semangka di luar maupun dalam ruangan.

Pastikan tanamannya terkena sinar matahari setiap hari, baik secara langsung, matahari buatan maupun ditempatkan di jendela. Terdapat keuntungan menanam semangka dalam pot, salah satunya adalah bagian yang menjalar menjadi rapi dan tidak tumbuh memenuhi taman.

Itulah beberapa tanaman buah yang bisa kamu tanam di dalam pot. Jadi, bagi yang punya hobi berkebun bisa tetap melakukan hobinya tanpa perlu khawatir keterbatasan lahan.

Untuk mengetahui informasi seputar ilmu pertanian, seperti cara menanam melon di rumah, menanam cabai dalam pot dan lain-lain, silakan kunjungi laman jokowarino.com. Semoga bermanfaat!