mousturizer

Daily Zafran – Memilih moisturizer atau pelembab wajah sering diabaikan ketika melakukan rangkaian skin care padahal manfaatnya banyak sekali. Beberapa orang mengabaikan moisturizer karena merasa manfaatnya hanya melembabkan kulit. Ada juga yang merasa tidak butuh pelembab karena tidak memiliki tipe kulit kering.

Tetapi pada kenyataannya manfaat moisturizer lebih dari itu serta tidak hanya direkomendasikan untuk pemilik wajah kering saja. Jika kita merasa rasa budget untuk rangkaian skin care terbatas, banyak, lho moisturizer lokal yang bagus dan murah bisa Anda beli di e-commerce kesayangan Anda.

Nah, jika Anda bingung harus memilih moisturizer seperti apa yang Anda perlukan oleh kulit Anda, beberapa poin di bawah ini akan membantu:

Mengenali jenis kulit

Sebelum memilih basic skin care termasuk moisturizer, sebaiknya Anda mengenali jenis kulit yang anda miliki sehingga moisturizer akan bekerja secara efektif pada kulit wajah. Pada umumnya ada beberapa jenis kulit seperti jenis kulit normal atau kombinasi, kering, berminyak atau sensitif.

Jika Anda sudah mengetahui jenis kulit wajah Anda, maka Anda bisa langsung menentukan moisturizer yang cocok untuk wajah Anda.

Memilih moisturizer sesuai jenis kulit

Setelah tahu jenis kulit wajah yang Anda miliki, kini Anda dapat menyesuaikan moisturizer dengan kebutuhan kulit. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah kering, sebaiknya Anda memilih moisturizer yang mengandung hyaluronic acid atau moisturizer oil based.

Tetapi jika jenis kulit Anda berminyak, pilihlah moisturizer yang mengandung salicylic acid, tea tree oil atau AHA sehingga Anda bisa melawan jerawat sekaligus melembabkan. Nah, kalau Anda berkulit sensitif, harus lebih berhati-hati memilih moisturizer. Anda bisa mengkonsultasikannya pada admin brand tertentu untuk memastikan kandungan moisturizer yang Anda incar.

Menyesuaikan dengan aktivitas sehari-hari

Setelah Anda paham untuk menyesuaikan moisturizer dengan jenis kulit, Anda juga harus mencocokan moisturizer dengan keseharian Anda, misalnya daerah tempat tinggal Anda.

Kalau Anda bertempat tinggal di tempat yang bersuhu rendah, Anda akan membutuhkan moisturizer yang memberikan kadar kelembaban lebih tinggi jika dibandingkan dengan tempat bersuhu panas.

Memilih jenis bentuk moisturizer

Moisturizer memang biasa dikenal dalam bentuk gel atau krim, tetapi pada faktanya banyak bentuk moisturizer yang bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan Anda. Jenis-jenis bentuk moisturizer ini adalah face mist, serum/essence, lotion, oil, ointment, dan cream.

Tidak semua kulit dapat menerima semua bentuk moisturizer yang ada. Maka dari itu mungkin Anda perlu mencobanya satu persatu terlebih dahulu dari tingkat ringan hingga berat dari segi tekstur.

Jangan sembarangan memilih moisturizer, ya! Lebih baik lakukan semua tips di atas agar tidak menyebabkan masalah baru pada kulit Anda. Semoga artikel ini bisa membantu.

Referensi:

  • https://kamini.id/tips-memilih-moisturizer-yang-tepat/
  • https://journal.sociolla.com/beauty/memilih-moisturizer/