jenis-jenis aset digital dan keuntungan untuk investasi

Di era digital sekarang ini, melakukan investasi tidak terbatas pada bentuk-bentuk konvesional seperti saham atau obligasi. Seiring berkembangnya teknologi, peluang bagi para investor semakin terbuka lebar.

Hal tersebut bisa kita lihat dari beragmanya aset digital seperti NFT, cryptocurrency, dan logam mulia digital. Banyak orang mulai tertarik dengan investasi aset digital ini karena potensi keuntungan yang lebih tinggi dengan biaya lebih rendah dan likuiditas lebih baik.

Investasi menjadi slaah satu cara yang paling terkenal sebagai langkah menuju keuntungan dalam jangka panjang. Maka dari itu, banyak orang yang ingin belajar bagaimana para investor senior memanfaatkan aset digitalnya dan meraih keuntungan dengan optimal.

Bagi kamu yang masih awam dengan dunia investasi digital, berikut ini beberapa jenis aset digital yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, simak pembahasannya sampai akhir.

NFT

Salah satu aset digital yang paling banyak investor pilih adalah Non-Fungible Tokens (NFT). Aset ini sedang populer dimanfaatkan sebagai hal yang berhubungan dengan karya seni dan rekaman media. Dengan cara ini, pengguna bisa memiliki aset yang unik.

Tidak hanya itu, NFT juga berguna sebagai bukti kepemilikan aset virtual sehingga pemiliknya bisa menjual atau menebusnya. Dengan begitu, pemilik NFT dapat membuktikan identitasnya sehingga mempunyai akses ke ruangan virtual.

Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan aset digital yang cukup baru tetapi memiliki popularitas yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir ini. Aset ini meliputi bitcoin, litecoin, dan ethereum. Crypto menjadi mata uang digital yang memanfaatkan teknologi enkripsi untuk mengamankan proses transaksi dan mengatur penciptaan unit baru.

Investasi menggunakan crypto bisa menjadi pilihan yang menarik. Hal tersebut karena nilainya yang cenderung fluktuatif dan peluang keuntungannya cukup tinggi. Akan tetapi, keamanan dan regulasinya masih terbilang baru dalam industri virtual sehingga risiko investasinya juga tinggi.

Asset-Backed Tokens           

Aset digital yang berikutnya adalah asset-backet tokens. Aset ini menjadi media jual beli aset tradisional dan aset fisik seperti emas di antara pengguna di blockchain.

Tokenisasi aset digital ini bisa membantu masalah likuiditas aset dan membuatnya tersedia untuk pengguna yang lebih luas.

Aset Digital Lain

Tidak hanya crypto, ada juga jenis aset digital yang lain dan bisa kamu investasikan. Aset tersebut seperti real estate crowdfunding yang memungkin para investor untuk membeli properti tanpa perlu membeli properti tersebut secara langsung, namun keuntungannya bisa terbagi sesuai dengan kontribusi setiap investor yang terlibat.

Tidak hanya itu, ada juga investasi dalam seni, logam mulia, dan barang koleksi yang lainnya. Ketika akan memilih jenis aset digital untuk memulai investasi, kamu sebagai investor pemula perlu mempertimbangkan risiko dan potensi keuntungan. Selain itu, konsisten dalam mempelajari informasi terkait aset tersebut.

Keberadaan risiko pada investasi dalam aset digital memang perlu kamu pahami dan antisipasi. Caranya, kamu harus mampu mengelola portofolio investasi secara bijak.

Keuntungan Menginvestasikan Aset Digital

Bukan rahasia lagi jika ada banyak keuntungan yang bisa kamu perileh sebagai investor yang memanfaatkan aset digital sebagai bentuk investasi jangka panjang.

Berikut ini merupakan sederet keuntungan menginvestasikan aset digital.

Mendapatkan Keuntungan Tinggi

Salah satu hal yang diharapkan banyak orang ketika menggunakan aset digital untuk investasi adalah potensi keuntungannya yang tinggi.

Ada beberapa aset digital seperti crypto mempunyai nilai yang sangat fluktuatif sehingga bisa mengalami perubahan nilai yang signifikan dalam hitungan waktu yang cukup singkat.

Apabila kamu bisa membeli aset digital pada waktu yang tepat dan menjualnya saat nilai aset dengan melambung tinggi, maka keuntungan yang signifikan bisa kamu peroleh.

Likuiditas Lebih Tinggi

Aset digital seperti saham, obligasi, dan crypto bisa kamu perdagangkan dengan cepat dan mudah di platform perdagangan secara virtual.

Hal tersebut bisa memberikan keuntungan dalam hal likuiditas sehingga memungkinkan kamu sebagai investor untuk menjual aset dengan cepat apabila membutuhkan uang tunai dalam waktu yang super singkat.

Biaya Transaksi Lebih Rendah

Investasi dengan memanfaatkan aset digital juga bisa memberikan keuntungan dalam segi biaya transaksi yang cukup rendah.

Hal ini bisa kamu lihat dari beberapa kasus, biaya transaksi untuk menjual atau membeli aset digital bisa lebih rendah daripada biaya transaksi untuk investasi bentuk konvesional.

Diversifikasi Portofolio Investasi

Penggunaan aset digital untuk investasi bisa membantumu sebagai investor untuk mendiversifikasi portofolio. Diversifikasi merupakan strategi yang berguna untuk mengurangi risiko dengan membagi investasi di beragam jenis aset yang berbeda-beda.

Ketika kamu mempunyai aset digital dalam portofolio investasi, maka kamu bisa menekan risiko dan meningaktan peluang keuntungan.

Akses Ke Pasar Global

Investasi dengan menggunakan aset digital juga memberikan keuntungan terkait kemudahan akses ke pasar global. Dalam perdagangan online, kamu bisa membeli dan menjual aset digital di pasar internasional. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan investasi yang lebih luas.

Investari dengan cara ini bisa memberikan keuntungan yang sangat signifikan bagi investornya. Akan tetapi, layaknya investasi lainnya, investor perlu mempertimbangkan faktor risiko dan memperhatikan proses investasi secara teliti.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai tipe aset digital dan keuntungannya. Jika kamu ingin terjun ke dunia investasi digital, kamu perlu mempersiapkan ilmunya supaya mendapatkan keuntungan yang optimal.

Salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar semua tentang crypto adalah Pintu Academy. Platform ini menyajikan materi terlengkap, mulai dari informasi untuk para pemula hingga ahli.

Tenang saja, ada banyak panduan komprehensif yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari dunia crypto secara bertahap. Yuk, belajar crypto bersama Pintu Academy! Silahkan kunjungi pintu.co.id untuk informasi lebih lengkapnya. Selamat berinvestasi!