Persija Puncaki Klasemen Liga 1

Hingga pekan ke-22 Liga 1 2022/2023, Persija Jakarta bertahta di puncak klasemen dengan koleksi 22 angka. Hal ini dipastikan usai Persija menang 3 – 1 atas Rans Nusantara FC yang digelar Jumat lalu. Di bawah arahan Thomas Doll, Macan Kemayoran muncul sebagai tim yang menakutkan bagi lawan, baik saat menyerang maupun bertahan.

Saat ini, Persija sendiri telah mengumpulkan 31 gol atau menempati urutan keempat sebagai tim tertajam. Lalu menempati posisi kedua sebagai tim dengan  kebobolan terminim, yaitu 18 kali. Tim yang digawangi Hansamu Yama dkk ini hanya kalah satu bola dari PSM Makassar yang baru kemasukan 17 kali.

Melansir dari Berita Sepakbola Terbaru, Akurat, Informasi sepakbola | Footgoal, kondisi tersebut jauh berbeda dibandingkan musim lalu atau saat Persija Jakarta dipimpin Angelo Alessio dan berlanjut ke tangan Sudirman. Kala itu, Persija hanya bisa finish di posisi delapan dengan koleksi 45 angka.

Koleksi poin tim Macan Kemayoran sepanjang musim lalu, hanya selisih satu poin dari musim ini. Padahal, Ondrej Kudela cs baru bermain sebanyak 22 pertandingan di Liga 1 2022/2023. Apa yang membuat Persija Jakarta tampil begitu solid di Liga 1? Selain kepintaran Thomas Doll dalam bermain taktik, secara materi skuad ini juga berkualitas.

Deretan pemain-pemain asing berkelas dunia semakin memperkuat dominasi Persija Jakarta. Di antaranya Abdula Yusuf Hella, Michael Krmencik, Ondrej Kudela dan Hanno Behrens. Para pemain lokal juga tidak kalah, seperti Hansamu Yama, Syahrian Abimanyu, Andritany Ardhiyasa hingga Muhammad Ferrari.

Apabila skuad asuhan Thomas Doll sanggup menjaga konsistensi permainan, mengulang pencapaian di Liga 1 2018 sebagai juara bukanlah angan kosong belaka.

Hanya Dua Hari Berada di Puncak Klasemen

Sayangnya, Persija Jakarta hanya bisa mengecap posisi teratas klasemen Liga 1 2022/2023 selama dua hari saja. Pasalnya, rival bebuyutannya Persib Bandung berhasil menggulingkan tahta Persija Jakarta dari puncak klasemen.

Situasi tersebut dipastikan seusai Persib Bandung meraih poin penuh saat melakoni duel melawan PSS Sleman pada Minggu (5/2/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Laga Persib vs PSS itu berakhir 2 – 0 dengan kemenangan Maung Bandung.

Kemenangan yang diraih berkat gol dari Ciro Alves itu membuat Persib Bandung merebut puncak klasemen dari tangan Macan Kemayoran dengan raihan 45 angka. Padahal, Persib masih berlaga di 21 pertandingan.

Sementara Persija harus merelakan untuk turun ke posisi kedua dengan selisih tipis 1 angka dari rivalnya. Hal ini membuktikan bahwa persaingan di klasemen atas Liga 1 2022/2023 sangatlah ketat. Jika ingin mengembalikan kedudukan di posisi pertama, maka Persija Jakarta harus menang dalam laga versus Persita Tangerang pada Selasa (7/2/2023).

Informasi lainnya seputar liga sepak bola dalam maupun luar negeri, bisa dilihat melalui laman berita sepakbola terbaru, FootGoal. Dijamin no hoax dan no rumour, serta selalu up-to-date. Salam Olahraga!