Beragam Martabak di Indonesia

Indonesia memang terkenal akan kuliner nikmatnya, termasuk martabak. Siapa yang tidak mengenal sajian yang satu ini. Ada banyak rasa yang bisa kita temui dalam berbagai varian martabak, mulai rasa gurih asin hingga manis.

Bahkan, bentuknya pun bervariasi, ada yang tebal dan tipis. Sebagai pencinta kuliner Indonesia, kita perlu mengetahui setidaknya 4 jenis martabak yang ada di Indonesia berikut ini. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Martabak Manis

Martabak ini memiliki sebutan lain yakni terang bulan. Biasanya, martabak manis tersaji sebagai makanan penutup yang tebal dan lembut. Bentuknya bundar dengan berbagai topping dan paling dasar biasnya kacang tanah sangrai dan meses cokelat.

Akan tetapi, saat ini banyak orang yang menambahkan variasi pada toppingnya seperti nutella, oreo, marhmellow, durian, dan toblerone. Selain toping yang semakin beragam,  adonannya pun juga tersedia dengan berbagai rasa, misalnya green tea, red velvet, dan pandan.

Martabak Telur

Tidak hanya manis, tersedia juga martabak  telur dengan cita rasa gurih. Kulit martabak telur terbuat dari adonan tepung elastis berbentuk bulat. Selanjutnya, penjual akan memipihkan adonan hingga menjadi tipis.

Setelahnya, penjual akan memberikan isian yang telah tercampur dengan telur, daun bawang, dan daging cincang. Untuk menyatapnya, biasanya ada acara timun, cabai hijau, dan cuka hitam. Martabak ini bisa menjadi camilan maupun lauk makan, lho.

Martabak Piring

Umumnya, martabak manis akan penjual masak dalam cetakan besi. Hal ini akan berbeda dengan martabak piring yang menggunakan piring seng. Nah, inilah yang menyebabkan martabak ini menjadi lebih istimewa.

Ada dua jenis martabak piring yakni tebal dan tipis kering yang berbentuk mirip dengan crepes. Berhubungan memasaknya menggunakan piring, maka martabak tebalnya tidak akan sebesar martabak manis pada umumnya,

Sedangkan martabak tipis keringnya, biasanya memiliki isian atau topping yang sama dengan martabak manis biasanya.

Martabak Kubang Mesir

Martabak jenis ini mempunyai isian dan rempah yang cukup dominan. Walaupun mempunyai nama “mesir”, tetapi martabak ini berasal dari Sumatera Barat. Martabak Kubang Mesir biasanya mempunyai kulit martabak yang berada di bagian luar dengan campuran telur di dalamnya.

Biasanya, orang menikmati martabak kubang ini bersama cuka yang sudah tercampur dengan acar dan cabai rawit.

Nah, itulah beberapa jenis martabak yang ada di Indonesia. Kita juga bisa berkreasi dalam membuat martabak sendiri dengan resep mantul dari Dapur Umami, lho. Yuk segera kunjungi www.dapurumami.com dan dapatkan resep Martabak sayur Masako untuk keluarga. Selamat mencoba!

List Blog Keren Rajabacklink