sate bandeng

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan air tawar yang cukup umum dikonsumsi di berbagai belahan negara, termasuk di Indonesia. Sebenarnya, habitat asli ikan bandeng ialah di laut, namun ikan ini bisa hidup di air tawar maupun air payau.

Sehingga, banyak yang membudidayakannya sebagai ikan air tawar. Masyarakat Indonesia sendiri sering mengolah ikan bandeng dengan cara digoreng, presto maupun dibuat menjadi sate yang nikmat.

Kandungan Gizi Ikan Bandeng

Ikan bandeng merupakan sumber protein yang baik. Terbukti dari 100 gram ikan bandeng yang memiliki kandungan sekitar 20 gram protein dan beragam nutrisi sebagai berikut:

  • 120 -150 kalori
  • 2,8 gram lemak
  • 150 miligram fosfor
  • 27 miligram kalium
  • 65 miligram natrium
  • 20 miligram kalsium
  • 2 miligram zat besi
  • 45 mikrogram vitamin A

Selain itu, ikan bandeng juga mengandung vitamin B dan asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang bisa menyaingi ikan salmon, tuna dan tongkol.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Bandeng

Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi ikan bandeng bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Mendukung Kesehatan dan Fungsi Otak

Kandungan lemak omega-3, protein dan antioksidan pada bandeng memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak.

Berbagai nutrisi tersebut mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mencegah pikun atau demensia yang sering terjadi pada lansia. Omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak buah hati tercinta.

Menjaga Kesehatan Jantung

Omega-3 merupakan jenis lemak baik yang bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Nutrisi dalam ikan bandeng tersebut juga mampu menurunkan trigliserida, kolesterol dan juga bisa mengontrol tekanan darah.

Menjaga Kesehatan dan Fungsi Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, kita perlu memenuhi nutrisi vitamin A, vitamin B, lutein dan omega-3. Ikan bandeng mengandung beragam nutrisi tersebut.

Jadi, apabila kita mengonsumsinya, fungsi mata akan tetap optomal dan mengurangi risiko terjadinya gangguan pada mata.

Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Ikan bandeng juga mengandung kalsium dan fosfor yang mendukung fungsi dan kesehatan tulang maupun gigi, serta menurunkan risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan rakitis. Jadi, mengonsumsi ikan bandeng akan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Masih banyak manfaat lain dari mengonsumsi ikan bandeng. Jika bosan dengan menu ikan bandeng yang itu-itu saja, kita bisa mencoba membuat Sate bandeng menggunakan resep dari Dapur Umami yang pastinya akan menggugah selera.

Untuk mengetahui resep makanan lainnya, silakan kunjungi dapurumami.com. Semoga bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink